GPS vs A-GPS

Tentunya pengguna alat telekomunikasi semakin paham akan arti pentingnya sebuah fitur GPS atau A-GPS. Apalagi dewasa ini byk sekali pembenaman fitur tsb dlm sebuah ponsel. Tapi sejatinya bagaimana sih sistem GPS atau A-GPS itu bekerja dan apa kelebih dan kekurangan masing-masing tekhnologi tersebut.

Awalnya, GPS alias "Global Positioning System" adalah tekhnologi yg dikembangkan oleh militer dan digunakan dlm medan perang. Perangkat GPS menerima informasi dari setiap empat dari 32 satelit yg mengorbit bumi. Kemudian menghitung jarak dari stelit dan asal lpkasinya oleh trilateration.
pimp myspace

Pd daerah terbuka/outdor akan lbh cepat mendptkan sinyal dibandingkan didaerah perkotaan yg byk gedung tinggi. Data waktu dari masing-masing satelit akan dikomputasi oleh GPS Module diponsel/PDA dan akhirnya akan dihslkan informasi posisi berupa Latitude & Longitude, lokasi dlm peta dan lain-lain.

Dibutuhkan 3 komponen dlm proses penentuan posisi lewat GPS yaitu Satelit, Recever GPS, dan Posisi yg baik (bebas halangan). Supaya perangkat GPS bisa menangkap sinyal dgn baikl, perangkat hrs berada diluar ruangan, bahkan harus dibawah langit terbuka. Kekuatan sinyal bisa berkurang kalau perangkat GPS berada dibawah pohon, dibawah gedung-gedung pencakar langit atau didlm kendaraan. Sinyal hampir bisa dipastikan menghilang kalau pembawa perangkat GPS msk kedlm gedung.

avatars myspace at Gickr.com

Sementara A-GPS atau Assisted GPS adalah jenis lain dari GPS yg mengandalkan sebuah server bantuan, selain dari satelit itu sendiri. A-GPS dikembangkan utk meningkatkan kinerja GPS. Disini server bantuan tsb akan memberikan informasi tambahan keperangkat yg dpt membantu dlm perhitungan lokasi. Hal ini sangat berguna dilingkungan dimana chip GPS mungkin mengalami kesulitan dlm mendptkan sinyal satelit.

Server bantuan penyedia data informasi satelit yg dibutuhkan oleh A-GPS biasanya didukung oleh jaringan operator, karena seringkali menara BTS memiliki unit penerima GPS dan secara terus menerus akan mendownload informasi data satelit yg ada diangkasa dan kemudian memprosesnya. Data dari server bantuan bisa diberikan kpd pelanggan telepon seluler, bila diminta oleh perangkat A-GPS utk mengidentifikasi lokasi pengguna berupa Latitude & Longitude, lokasi dlm peta dll.

Dlm hal ini dibutuhkan 3 komponen dlm proses penentuan posisi. Satelite, Assistance Server (GSM), Receiver A-GPS. Selain itu A-GPS berbeda dari Reguler GPS dgn menambahkan elemen lain kedlm proses pencarian posisi, yaitu Server Bantuan (Assistance Server). Selesai.

Keuntungan A-GPS sbb :
Pengidentifikasian lokasi lbh cepat.
Membutuhkan power lebih kecil dlm proses lomputasi data.
Cocok utk lokasi perkotaan atau lokasi yg kurang optimal dlm menangkap sinyal satelite seperti dlm gedung.

Kekuranga A-GPS sbb :

Masih tergantung pd coverage jaringan operator.



    Semoga Blog ini bermanfaat dan berguna, Terimakasih telah berkunjung ke Blog ini. Wassallam. Sumber : Tabloid Pulsa .
    Share on :
     
    © Copyright Collection Blog 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
    Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates and Theme4all