Meningkatkan Performa iPhone


Problem : Akselerasi iPhone mulai melambat, biasa itu..?? Ini kan penyakit ponsel-ponsel bersistem operasi. Mungkin kebanyakan file, atau beberapa sebab lain.

Solusi : Lakukan maintenance mudah. Caranya mudah sekali, kita hanya perlu melakukan beberapa hal yaitu sebagai berikut :



pimp myspace


1. Hapus Cache Browser. Bagi pengguna iPhone yang sering browsing diperangkatnya, cara ini merupakan langkah yg hrs dilakukan pertama kali. Seperti halnya komputer, iPhone akan mulai melambat ketika cache terbentuk utk menyimpan sampah-sampah yg ditinggalkan browser.
Meskipun pd dasarnya Cache merupakan cara efektif utk meningkatkan kinerja beberapa fitur, semisal Browser Safari, namun jika terlalu byk ini akan berpengaruh pd kinerja iPhone.
Cara menghapus Cache adalah dengan mengakses setting> Safari> Clear Cache>.

2. Matikan aplikasi dgn benar. Jika anda menggunakan iOS terbaru atau minimal versi 3.4.1 ke atas, maka anda beruntung. Anda bisa melakukan dgn mengakses layar multitasking, menekan lama ikon-ikon fitur yg tengah berjalan hingga mulai bergoyang, lalu tekan ikon merah yg ada diujung ikon fitur yg dimaksud.

Jika kebetulan iPhone anda termasuk jadul dan sudah tdk disupport oleh Apple, semisal iPhone 3G, utk mematikan aplikasi yg tengah berjalan, anda hrs melakukan hal-hal sebagai berikut :

ketika ada aplikasi yg membandel, tdk mau menutup dgn sempurna, buka aplikasi itu, lalu tekan tombol power yg lama hingga muncul tulisan "slide to power off" ketika muncul tulisan ini lepas jari dari tombol power dan tekan lama tombol home hingga layar akan kembali ke home screen.

3. Lakukan update berkala! keluhan yg dilaporkn saat pengguna menggunakan sebuah versi OS akan ditanggapi sangat serius oleh pihak pengembang dan output dari semua keluhan tadi adalah dgn meningkatkan performa pd versi OS terbaru.
iOS termasuk OS yg paling sering melakukan update. Dalam hitungan bulan bahkan minggu, versi OS baru biasanya muncul utk memperbaiki versi sebelumnya. Saat tulisan ini dibuat, iOS sudah mencapai versi 4.3.3.
Dari pengalaman yg ada selama ini, iOS ini berpengaruh besar pd daya tahan baterai. Setidaknya baterai iPhone 4 jadi lebih awet. Selain berpengaruh besar pd baterai, upgrade iOS juga berpengaruh pd kinerja secara keseluruhan. Jadi jgn ragu-ragu melakukan nya. Kecuali jika anda sdh terlanjur memilih utk menjailbreak iPone tersebut.

4. Mengedit Sporlight. Fitur Sporlight sangat berguna bagi pengguna iPhone utk mencari file, kontak, email dan sebagainya yg tersimpan dlm ponsel. Namun disaat yg bersamaan, pencarian secara otomatis pun akan menyebabkan kinerja iPhone mengalami kemunduran.
Cara paling mudah adalah mengedit daftar pencarian Sporlight. Caranya, masuk ke Setting > General > Sporlight Search, kemudian sentuh kategori-kategori mana yg diperlukan, kalau perlu sentuh saja semuanya, sehingga tanda centang yg ada disamping kiri kategori itu hilang. Lalu Keluar.

5. Lakukan beberapa hal berikut secara manual.
Pertama adalah penggaturan WiFi. Matikan WiFi ketika tdk digunakan.
Kedua adalah Brightness alias Kecerahan Layar. Lakukan pengaturan manual, ketika ada diruangan yg cukup akan cahaya, minimalisirkan Brightness dan sebaliknya.
Kedua trik diatas akan meningkatkan Kinerja Baterai sehingga akan lebih tahan lama.

6. Instal aplikasi-aplikasi utk mengatur memori iPhone anda. Byk sekali tersedia di Apps Store. Secara umum mereka akan memonitor penggunaan memori dan membantu kita membersihkan proses-proses yg tdk perlu.
Aplikasi-aplikasi tsb adalah sbb:
a. Memory Info.
b. Memory Activity Monitor.
c. Battery Doctor Monitor.


Silakan anda cari dan download sendiri aplikasi tsb diatas utk iPhone anda. Semoga Blog ini ada manfaatnya dan berguna utk kita semua. Selesai. Wassallam.

graphic myspace at Gickr.com


Sumber : Mobile Guide
Share on :
 
© Copyright Collection Blog 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates and Theme4all