Portal Berita



www.detik.com dan www.okezone.com, Siapa yang tidak kenal dengan kedua Portal Berita ini? Keduanya menjadi rujukan mayoritas pengguna Internet untuk mencari berbagai macam berita yang actual. Keunggulan dari Media Online dibandingkan dengan Offline seperti: (Koran, Tabloid, Majalah dan sebagainya) adalah pada "hangatnya" berita yang ditampilkan. Berikut ini adalah membandingkan 2 portal berita yang terkenal yang disebutkan diatas yaitu: www.detik.com dan www.okezone.com.

TAMPILAN

ketika dibuka di Browser Firefox, "DETIK" lebih cepat di-load daripada "OKEZONE". Hal ini bisa saja terjadi mengingat pada halaman Home, "OKEZONE" memiliki banner iklan bergerak yang berukuran cukup besar dan berjumlah lebih banyak daripada "DETIK". Dengan begitu, hal tersebut mempengaruhi pada tampilan halaman Home secara keseluruhan. "DETIK" bermain dengan warna-warna yang kontras untuk memisahkan berita utama dengan berita lainnya. Hal ini terlihat dari berita hari ini dan hari sebelumnya yang dipisahkan dengan memakai warna biru sebagai latar background, berbeda dengan "OKEZONE" yang hanya membedakan sebuah berita dengan judulnya saja. Untuk desain, keduanya tampak sederhana, karena yang diperlukan bukan tampilan, melainkan berita yang dihadirkan. Tetapi yang patut dicatat adalah banyaknya banner iklan bergerak dihalaman depan membuat halaman Home pada "OKEZONE" sedikit tidak nyaman untuk dibaca, karena fokus perhatian akan terpecah ketika membaca penggalan judul berita yang ada.

KEMUDAHAN NAVIGASI

kedua portal berita ini memiliki sub kategori yang isinya kategori pemberitaan seperti OlahRaga, Music, Tekhnologi dan sebagainya. Semua menunya terjejer secara rapi terletak dibaian atas dari halaman Home. Ketika kita meng-click salah satu menu tersebut, "DETIK" akan membuka halaman di tab yang sama, hal ini berbeda dengan "OKEZONE" yang akan membuka tab baru. Secara navigasi hal ini memang lebih nyaman karena anda tidak perlu menunggu lama jika ingin kembalai kehalaman Home. Ketika mencoba untuk membuka halaman sub kategori yang isinya tentang selebritis, yaitu "DETIKHOT" dan "CELEBRITY OKEZONE", keduanya menampilkan slide berita terhangat. Bedanya "OKEZONE" menampilkannya dengan foto yang ukuranya lebih besar. Ketika halaman di Scrool ke bawah, "OKEZONE" menampilkan berita terbaru ditengah halaman, berbeda dengan "DETIK" yang menampilkannya disamping kiri. Dengan begitu, "OKEZONE" lebih nyaman dibaca karena anda tidak perlu menggeserkan mata ke kiri terlebih dahulu.

FITUR

Selain menampilkan berita dalam format teks, kedua portal ini juga menyediakan berita dalam format video. Untuk fitur ini "OKEZONE" lebih unggul mengingat portal ini memiliki media partner dengan beberapa stasiun televisi lokal, walaupun begitu dilihat dari kategori yang ditampilkan "DETIK" justru jumlahnya lebih banyak. Ketika mencoba fitur pencarian (search) dengan memasukkan kata "komputer" pada boks, "DETIK lebih unggul dalam kecepatan hasil pencarian, ditambah lagi dengan adanya thumbnail foto pada tiap link berita. Tetapi untuk fitur bantuan pencarian, "OKEZONE" lebih lengkap, karena akan menampilkan hasil pencarian yang berkaitan dengan kategori lain, selain itu terdapat juga fasilitas sorting berdasarkan tanggal. Hal ini berbeda dengan "DETIK" yang hanya menampilkan fasilitas untuk mencari berita dalam rentang waktu (harian, mingguan, bulanan dan tahunan)

KESIMPULAN


www.detik.com


Tampilan dasainnya sederhana, begitu juga dengan mudahnya anda untuk membaca berita pada halaman Home, mengingat berita dihalaman ini adalah yang pertama kali kita baca.


www.okezone.com


Andai berbagai banner iklan yang bergerak tidak mengganggu dihalaman Home, maka semua teks akan lebih mudah dibaca. Walau[un begitu, pada halaman sub kategori "OKEZONE" mampu menggalahkan saingannya dalam hal desain.

Sumber:Komputek
Share on :
 
© Copyright Collection Blog 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates and Theme4all