Aplikasi Tethering

Menjamurnya ponsel-ponsel baru yang memiliki koneksi WiFi, tentunya jadi pilihan menarik untuk menikmati layanan Online secara Mobile. Apalagi, fasilitas Hotspo WiFi pun kini mulai banyak bertebaran. Baik dipusat perbelanjaan, perkantoran maupun pendidikan (sekolah & kampus).

Sayang, tak semua menawarkan akses gratis (free). Kalau sudah begini, trik sederhana rasanya wajib untuk dilancarkan. Yakni, membuat Hotspot sendiri. Caranya, bisa kita manfaatkan aplikasi-aplikasi sebagai berikut ini :


1. JoikuSpot :
Dengan aplikasi ini, anda dimungkinkan untuk berbagi (sharing) akses internet lewat ponsel ber WiFi. JoikuSpot sendiri ditawarkan dalam dua versi, berbayar dan gratisan alias "light" yang tentunya ada pemangkasan beberapa fitur.
Menariknya, aplikasi yang kompetibel untuk ponsel Symbian S60 3rd edition dan S60 5th edition seperti Nokia N95, N97, atau Nokia 5800 ExpressMusic ini juga bisa diterapkan pada layanan Instan Messaging Client (Skype, Google Talk dan lain sebagainya)
Buat yang kepingin menjajalnya, bisa mengunjungi http://www.joiku.com


2. WiFi Tethering :
Seperti kebanyakan aplikasi Tethering versi awal, WiFi Tethering bikinan Open Garden, Inc. Ini juga membutuhkan "Root Access" alias Unlock System untuk ponsel Android yang akan digunakan sebagai media berbagi koneksi WiFi.
Nah, buat pemilik ponsel Android dengan versi OS yang masih 1.5, bisa memanfaatkan aplikasi gratisan ini. Untuk mendownloadnya, bisa mengunjungi link URL berikut : https://market.android.com/details?id=og.android.tether&feature_apps


3. Portable Wifi Hotspot di Android Froyo :
Update sistem operasi Android 2.2 (froyo) keatas membawa berkah tersendiri bagi penikmat internet. Pasalnya, kita bisa lebih mudah untuk berbagi (sharing) koneksi internet dengan ponsel ber WiFi lain. Di OS terbaru ini, kita akan mendapatkan 2 fitur tambahan yakni USB Tethering dan Portable WiFi Hotspot.
USB Tethering memungkinkan ponsel Android menjadi Modem PC. Nah fungsi kedua (Portable WiFi Hotspot) ini yang bisa dijadikan sebagai trik jitu berbagi koneksi Internet dengan ponsel lain melalui WiFi.



4. Barnacle WiFi Tehter :
Aplikasi gratisan ini juga bisa dijadikan sebagai media untuk berbagi koneksi WiFi, antara ponsel 3G Android dengan Windows PC, mac/iPod/iPad, Linux atau Xbox. Namun ponsel yang akan dijadikan "Adhoc Hotspot/peer-to-peer" harus sudah "Root" alias Unlock Sistem.
Aplikasi yang memiliki kapasitas file installer sekitar 130kb ini bisa didapatkan di Android market dengan alamat URL https://market.android.com/details?id=net.szym.barnacle kompatibel untuk Android 1.5 keatas.



5. Easy Tethering Lite :
Berbeda dengan beberapa aplikasi diatas, Easy Tethering Lite merupkan aplikasi Tether via USB. jadi tak membutuhkan proses "Rooting" alias "Unlock Ponsel". DEngan aplikasi ini kita bisa berbagi jaringan koneksi data ke PC Windows, Mac OS X, Ubuntu, PS3, Wii serta Xbox via kabel USB.
Namun versi "Lite" ini tak bisa digunakan untuk mengakses URL https, Instant Messenger serta game console tetehering. Untuk yang versi full, bisa didapatkan dengan harga $9.99. download di
https://market.android.com/details?id-com.mstream.easytether_beata&feature=related_apps





Sumber:
TabloidPulsa
Share on :
 
© Copyright Collection Blog 2011 - Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates and Theme4all